The International Conference Of Biodiversity atau ICOBIODIV merupakan suatu konferensi ilmiah yang diinisiasi oleh Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga. Acara ini pertama kali terlaksana pada tahun 2018 di Surabaya. Pada tahun 2023 ini ICOBIODIV menghadirkan peserta dan pembicara dari berbagai negata yang akan berkumpul untuk membahas isu terkini tentang biodiversitas yang berfokus pada Sustainable Solution For Human Welfare. ICOBIODIV tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 18-19 Oktober 2023. Kegiatan offline diselenggarakan di Hall Majapahit Gedung ASEEC Kampus B Universitas Airlangga.

   Acara offline yang dilaksanakan pada 18 Oktober tersebut menghadirkan beberapa keynote speaker dan invited speaker yang mempresentasikan tema-tema menarik terkait biodiversitas. Keynote speaker yang pertama yaitu Assoc. Prof. Sehanat Prasonguk, Ph.D. yang berasal dari Chulalongkon University Thailand, membawakan materi terkait biodiversitas pada tropical fungi. Selanjutnya ada Dr. Cahyo Rahmadi yang berasal dari Research Center for Biosystematics and Evolution, National Research and Innovation Agency, Indonesia membawakan materi terkait biodiversitas dan keberlanjutan. Keynote speaker ketiga berasal dari Nguyen Tat Thanh University Vietnam yaitu Dr. Le Minh Bui yang membawakan materi terkait mikrobiologi. Keynote speaker terakhir berasal dari Universitas Airlangga Indonesia, yaitu Almando Geraldi,Ph.D yang membawakan materi terkait bioprospecting pada bakteri. Sementara itu, sesi presentasi untuk invited speaker dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Husna Punnapayak, Muhammad Hilman Fu’adil Amin, S.Si., Msi., Anthonius Christianto,Ph.D., dan Assoc. Prof.Dr. Ricky Spencer. Sesi kedua diisi oleh Anjar Tri Wibowo,S.Si., M.Sc., Ph.D., Firli Rahmah Primula Dewi, M.Si., Ph.D., Ranjith Papareddy,Ph.D., dan Prof.Dr. Sunday Babatunde Akinde. Sesi terkahir diisi oleh Prof. Dr. Ni’matuzahroh, Dra., Dwi Kusuma Wahyuni, S.Si., M.Si., Prof. Dr. Ir. Stefaan Werbrouck, dan Dr. Eko Prasetyo Kuncoro, S.T., DEA. Selain kegiatan konferensi, ICOBIODIV juga membuk submission untuk paper dan poster. Pada acara offline ini juga dilakukan awarding untuk best presenter dan poster.

Pada acara ini dosen dan beberapa mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Universitas Airlangga juga terlibat sebagai panitia dan moderator. Salah satu panitia Afina Slamet menyampaikan bahwa bisa terlibat dalam rangkaian kegiatan ICOBIODIV adalah pengalaman yang sangat berharga. “Bisa melihat, mendengarkan, dan terlibat langsung dalam acara ini, melihat langsung pembicara-pembicara yang pakar di bidangya merupakan kesempatan yang berharga.”